Cara Menginstall Ulang OS Blackberry

Alasan saya membuat artikel Cara Menginstall Ulang OS Blackberry karena beberapa hari ini saya dipusingkan dengan sebuah smartphone yang bernama blackberry. Betapa tidak, blackberry merupakan salah satu bagian terpenting dari penunjang bisnis yang sedang saya geluti saat ini. Bila diibaratkan dengan lagu, blackberry adalah ‘separuh aku‘ by Noah 🙂 haha udah ah jadi ngelantur. Baik langsung saja, kisahnya berawal dari tanda-tanda blackberry mulai lemot dan sering muncul jam pasir secara terus menerus. Namun saat itu masih bisa saya siasati dengan soft reset maupun cabut baterai. Namun beberapa hari kemudian penyakit blackberry saya semakin parah. Hingga susah untuk masuk homescreen, walaupun bisa masuk tapi sering hang. Saya berpikir untuk wipe blackberry, tapi masuk ke homescreen saja tidak bisa. Akhirnya saya mengambil keputusan untuk menginstall ulang os blackberry saya sekaligus mengupgrade menjadi os yang terbaru.

Bagi anda yang mengalami masalah seperti saya, bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

Yang diperlukan:

  1. Komputer (PC/Laptop) dengan Windows operating system.
  2. Desktop Manager Software instal ke komputer anda. Jika belum punya, bisa instal dari CD software yang tersedia pada saat anda beli BlackBerry atau bisa download dari BlackBerry.com
  3. Operating System (OS) terbaru untuk BlackBerry device anda.

Persiapan :

Pastikan BlackBerry anda TIDAK terconnect ke komputer anda.
Matikan Desktop Manager jika masih running

Step 1 :

  • Instal OS tanpa melalui Desktop Manager
  • Setelah anda download, unzip dan instal OS terbaru untuk device anda ke komputer, carilah dan buka App Loader application di folder OS tersebut. Caranya, buka file browser, ke C Drive (operating system drive) carilah folders Program Files > Common Files >Research In Motion > AppLoader. (Jangan lupa juga hapus file vendor.xml di folder tersebut)
  • Setelah masuk ke AppLoader directory, double klik Loader application shortcut. (jika anda instal OS yang bukan dari operator anda jangan lupa delete file vendor.xml sebelum klik apploader) Setelah Loader aktif, klik Next

Step 2 :

  • Sekarang anda perlu connect BlackBerry anda ke komputer dengan USB cable.
  • PENTING: Untuk bisa terdetect, cabutlah batterai BlackBerry anda dan connect usb cable ke BlackBerry anda dan hubungkan ke komputer anda.
  • Pada saat anda hubungkan BlackBerry anda ke komputer dan Connection COM1 menganti ke USB-PIN:UNKNOWN, anda harus secara langsung klik NEXT.
  • Jangan Lupa! Pasangkan kembali batterai BlackBerry anda setelah klik NEXT karena pada saat OS update selesai, handheld anda akan disconnects dari komputer untuk reboot dan tidak akan ada power supply ke BlackBerry anda dari USB connection dan error akan kembali lagi.
  • Prosesnya harus cepat, kalau gagal pertama kali, ulang proses nya dan cabut lagi USB kable dari Blackberry / komputer anda, buka batterai dan hubungkan kembali dan klik Next pada saat muncul USB-PIN:Unknown.
  • Jika sukses connection anda sudah bisa mulai instal OS dengan mengikuti installation wizard yang akan menunjukan cara instal OS secara standard. Disitu anda bisa memilih bagian mana yang ingin diinstall maupun tidak.
  • Selesai, Blackberry anda seperti baru kembali saat pertama kali beli 🙂
(Visited 206 times, 1 visits today)
Bila bermanfaat, Tolong di Share yaShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn
omar smart brain

ADD YOUR COMMENT

error: Content is protected !!